Berita

Dinas Sosial melaksanakan kegiatan Pemantapan Tagana
Blog Single

Dinas Sosial melaksanakan kegiatan Pemantapan Tagana

Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah melaksanakan kegiatan Pemantapan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Pelopor Perdamaian, pada tanggal 04 Desember 2022 bertempat di Aula Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah.

Pada Kegiatan tersebut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah yang diwakili oleh Sekretaris  Dinas (Ahmad Wildan, A.KS) menyampaikan bahwa Kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap tahun yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam penanggulangan bencana.

TAGANA adalah relawan sosial atau Tenaga Kesejahteraan Sosial yang berasal dari masyarakat dan memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

Kesiapsiagaan diri diharapkan pada akhirnya mampu untuk mengantisipasi ancaman bencana dan meminimalkan korban jiwa, korban luka, maupun kerusakan infrastruktur.

Hadir juga pada kegiatan tersebu Bapak Wakil Bupati Lombok Tengah (DR. H.M. Mursiah, S.Sos, M.Si, beliau mengapresiasi kehadiran Tagana di tengah-tengah masyarakat dalam membantu korban bencana saat terjadi bencana seperti Banjir di Peras Desa Kirang beberapa tahun yang lalu, kemudian bencana angin puting beliung yang terjadi beberapa waktu lalu di Desa Loang Maka Kecamatan Janapria dan banyak lagi peran-perannya dalam membantu korban bencana di Kabupaten Lombok Tengah, beliau berpesan agar Tagana tetap solid karena ini bukan perorangan melainkan satu kesatuan didalam sistem, sehingga harus saling bahu membahu antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya.

Beliau juga berpesan agar Anggota Tagana yang jumlah sebanyak 44 orang dikabupaten Lombok Tengah untuk tetap waspada dan siaga dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi di daerah kita Lombok Tengah.

Dalam Kegiatan Pemantapan Tagana kali ini Dinas Sosial Sosial Kabupaten Lombok Tengah menghadirkan Narasumber dari Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Iwan Gunawan, S.Sos, dimana beliau juga adalah Staf pada Dinas Sosial Provinsi NTB yang memiliki kompetensi dalam Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Barat. 


Related Posts: