Berita

Ratusan Calon Marshal Moto GP Dilatih
Blog Single

Ratusan Calon Marshal Moto GP Dilatih

Lombok Tengah - Hadapi Moto GP, Ratusan Pemuda pemudi asal Lombok Tengah dan NTB umumnya Dilatih pendidikan Marshal. Jumlah peserta pelatihan tidak tanggung tanggung. 450 orang yang sebagian besar kelompok pemuda (laki laki) dididik untuk memahami tugas dan fungsi Marshal. "Setelah pelatihan ini akan ada lagi pelatihan lanjutan namun nanti setelah sirkuit jadi" kata Dyan Dilato Head Operation Sporting Mandalika International Street Circuit.

Para petugas Marshal sebagian besar adalah pekerja sukarela yang bertanggung jawab atas keselamatan para pesaing balap motor . Mereka ditempatkan di berbagai titik bahaya di sekitar trek balap untuk membantu mereka jika terjadi tabrakan, kecelakaan, atau masalah trek. Marshals juga dikenal sebagai pekerja lapangan , pekerja sudut , kru sudut , marsekal belok , marsekal sudut , pekerja keselamatan lintasan , atau (dalam reli ) marsekal.

Setiap Marshal harus memahami tugas dan fungsinya terutama memahami penggunaan bendera.

Untuk menjadi marshal terutama sekali harus smart dan lincah karena seorang marshal terutama flag marshal bisa memeggang sampai 8 bendera dengan warna yang berbeda "jadi dia harus terus memperhatikan jalannya race terutama di dalam areanya" ungkap Dyan.

Warna-warna bendera yang di pegang oleh flag marshal/petugas bendera mempunyai arti sendiri – sendiri, antara lain : Bendera Merah artinya Balapan dihentikan semua pembalap kembali ke Grid atau Pit.

Bendera Kuning artinya Hati-hati ada kejadian didepan pembalap tidak boleh menyalip, misalnya : terjadi insiden tabrakan, dan lainnya.

Bendera Kuning strip Merah dikibarkan apabila Didalam lintasan ada benda, misalnya pecahan dari bagian body kit mobil, ada oli dlintasan dan lain sebagainya. Bendera Hijau menandakan Lintasan aman, boleh menyalip. Bendera Putih artinya Selain kendaraan pembalap ada kendaraan lainnya didalam sirkuit, misalnya ada Mobil derek, ambulance. Bendera Hitam yaitu Bendera dikibarkan selalu diikuti papan no star peserta karena adanya hukuman atau diskualifikasi, peserta tersebut harus keluar dari lintasan. Bendera Biru dikibarkan untuk memberitahukan kepada pembalap bahwa di belakangnya ada mobil yang akan over lap. Sedangkan Bendera Hitan Bulatan Oranye berfungsi untuk memberikan perintah untuk segera masuk ke pit dan selalu diikuti oleh papan no start.

Selain flag marshall ada beberapa petugas marshall yang bertugas di dalam lintasan sirkuit Course Marshall bertugas menjaga lintasan agar selalu dalam keadaan layak untuk lomba dan membantu apabila ada kendaraan peserta yang mengalami gangguan.

Paddock Marshall apabila diperlukan membantu peserta baik itu informasi dari pimpinan lomba atau hal-hal lain selama peserta berada di paddock area.

Pit Marshall Membantu dan menjaga area Pit agar senantiasa dapat digunakan oleh peserta sehingga peserta yang akan ke grid posisi tidak mengalami hambatan. Lap Scorres Memberitahukan jumlah lap yang sudah dilalui kepada peserta dan Starter dan Finisher adalah Bertugas melakukan tanda start dan finish kepada peserta.

Menurut Dyan yang dilatih sekarang ini sebanyak 450 orang dengan sistim gelombang agar tidak terjadi kerumunan. Jarak satu peserta dengan yang lain juga diatur. Di sirkuit Mandalika nanti pihaknya membutuhkan tenaga 340 orang namun yang daftar 500 sehingga akan ada yang gugur. "Kita punya sekitar 17 pos dan satu pos itu 10 orang Marshal" ungkapnya.

Seorang Marshal dituntut Disiplin dan kerja keras. Sebelum pertandingan Marshal harus stand by di pos masing masing dan akan dichek oleh petugas kesiapannya. "Mereka harus berdiri dipinggir lintasan untuk di chek kesiapannya baru kemudian ditempatkan di pos masing masing" ungkapnya.

Untuk diketahui sebelum dilatih, calon Marshal itu di swab terlebih dahulu. (Humas)

Related Posts: